Chocolate Bars
Rss Feed
  1. Cara Membuat Permen Cokelat

    Senin, 31 Oktober 2011

    Bagi Anda yang ingin melakukan bisnis kecil-kecilan atau teman-teman yang masih bersekolah dan ingin menambah uang jajan, mungkin bisa mencoba apa yang pernah dilakukan oleh adik saya ini. Sekedar berbagi pengalaman, dulu semasa SD kelas 5, adik saya yang bernama Raras pernah iseng-iseng mencoba membuat permen cokelat untuk dikonsumsi sendiri, ternyata rasanya lumayan enak. Lalu muncullah ide untuk menjual hasil buatan permen cokelatnya untuk dijual ke teman-teman sekolahnya, yaa dulu dia memberi harga 500 rupiah untuk per-batangnya. Dan ternyata hasilnya cukup memuaskan, cokelat buatan pertama adik saya habis terjual. Mari ikuti langkah-langkah berikut ini:


    Bahan :
    ·    Cokelat blok yang dark dan white
    ·  Pewarna cokelat, khusus untuk permen, bahan dasarnya
       minyak
    ·   kacang mete, selai, krim, dan lain-lain untuk isian praline.

    Alat :
    ·      cetakan khusus untuk permen cokelat
    ·      plastik segi tiga
    ·      stik lolipop dan kemasannya,
    ·      es batu dan wadah, untuk ditaruh di bawah cetakan  
       sehingga cokelat cepat beku

    Cara membuatnya :
    1. Potong cokelat blok, kemudian masukkan ke dalam wadah tahan panas atau ke dalam plastik segitiga (mengetim atau mencairkan cokelat), masukkan ke microwave (tanpa menggunakan microwave juga dapat dilakukan atau lihat cara mengetim cokelat), panaskan selama 1,5 menit.

    2.Bisa diberi warna atau langsung dicetak. Dalam pemberian warna sebaiknya beri warna 1 tetes dulu kemudian aduk rata, kalau warnanya masih kurang baru tambahkan lagi.
    3.Pindahkan cokelat yang sudah diberi warna ke kantong segi 3, Siapkan juga wadah yang bisa menampung es batu. nantinya cetakan cokelat ini diletakkan di atas wadah es batu, seperti ini:



    4.Kalau cokelatnya terdiri dari beberapa warna, sebaiknya tunggu warna pertama mengeras baru kemudian ditambahkan warna lain. Supaya cokelat cepat mengeras, penggunaan es batu dengan wadah di bawah cetakan cokelat, akan mempercepat proses pengeringan, seperti dalam gambar :

    5.Tuangkan cokelat warna ke dalam cetakan. Untuk membuat lollipop harus menggunakan tangkainya. Misalnya membuat lollipop bunga dengan motif kuning dan pink. Pertama warna kuning ditaruh dalam cetakan tunggu hingga keras (dengan adanya es batu dibawah cetakan cokelat waktu menunggu cokelat keras lebih cepat) kemudian baru dituang dengan warna lain, kemudian selipkan stik atau batang lolipop. Hati-hati juga dengan stik karena kadang suka terangkat. Untuk menahan stik supaya tetap pada tempatnya diperlukan mangkok-mangkok atau benda lainnya yang diletakkan di tepi cetakan. Usahakan stik lolipop tetap melekat erat sampai cokelat cukup keras untuk dipindah ke kulkas atau lemari es.

    6.Setelah stik kuat tertanam pada cokelat, pindahkan cetakan cokelat beserta isinya ke lemari pendingin (kulkas) biarkan selama 10-15 menit. Keluarkan cokelat dengan hati-hati dari cetakan.

    7.Kalau ingin membuat praline caranya adalah dengan menuangkan cokelat cair kurang lebih 1/2 cetakan, kemudian sapukan dengan kuas ke sekeliling cetakan, tunggu sampai cokelat mengeras. Setelah cokelat keras tambahkan isi. Isi bisa berupa selai/jam, kacang, buah, keju, krim dan lain-lain. Kemudian terakhir tutup dengan cokelat cair lagi, hingga penuh. Biarkan dingin setelah dingin disimpan di dalam lemari pendingin.




    Cukup mudah kan? Ayo, praktekkan sekarang! Siapa tau ini bisa dijadikan bisnis untuk Anda. Selamat mencoba....
    Reactions: 
    |
    |


  2. 4 comments:

    1. Asep Ridwan Lubis mengatakan...

      thanks info nya mbak...
      saya coba buat

    2. Anne Syadad mengatakan...

      mksh infonya mbak..sy emang lg cari info ttg coklat..mw nyoba usaha nih..skali lag mksih...

    3. ZaSuN mengatakan...

      sangat bermanfaat infonya..

    4. antylupz ancha mengatakan...

      gimna ya cra.a biar coklat.a manis
      soal.a klo cma mke coklat batang gak manis?

    Poskan Komentar

Foto Saya
Alin Novita Herningtyas
Saya mahasiswi jurusan HUMAS di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi INTERSTUDI Jakarta Selatan.
Lihat profil lengkapku