Chocolate Bars
Rss Feed
  1. Aneka Rasa dan Jenis Cokelat

    Senin, 24 Oktober 2011

    Saat ini ada banyak sekali jenis coklat yang beredar di pasaran, dan buat teman-teman yang baru belajar membuat cokelat, mungkin masih bingung dalam memilih jenis coklat yang akan digunakan. Salah-salah memilih, nanti malah coklat yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Atau mungkin coklatnya jadi, tapi rasanya tidak seperti yang diharapkan. Nah biar ngga salah pilih ada baiknya kalian membaca dulu info yang gw kasih ini.


    Berikut ini Jenis-jenis coklat yang beredar dipasaran antara lain : Coklat ayam jago, silver queen, tobleron…. hehee… just kiding…
    ini yang benerannya :


    1. Couverture

    Jenis coklat terbaik yang merupakan coklat asli yang biasanya mengandung lemak cokelat, chocolate mass dan rasanya cenderung pahit serta harganya lebih mahal. couverture adalah jenis coklat yang disebut “real chocolate” oleh para penggemar cokelat sejati. Cokelat jenis ini selain cepat lumer di mulut, juga memiliki rasa “fruity” yang agak pahit. Secara garis besar kandungan di dalam cokelat couverture adalah cocoa mass dan cocoa butter dan gula (untuk tipe dark chocolate, sedangkan untuk milk dan white biasa menggunakan padatan susu didalamnya menggantikan cocoa powder) untuk pahit dan manisnya tergantung dari keseimbangan antar jumlah real chocolatenya dengan gula. Selain rasanya enak, baik untuk kesehatan tetapi punya kelemahan secara penyimpanan dan penanganan (khususnya buat praline dan agak sensitif terhadap panas). Cokelat couverture selain membutuhkan peralatan khusus, proses pengolahannya juga lebih sulit. pengolahan cokelat ini adalah dengan cara di “temper” atau dilelehkan.

    2. Plain Coklat
    Coklat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dll. Persentase massa kakao bervariasi antara 30% – 70%. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao semakin baik flavornya.

    3. Milk Coklat
    Merupakan campuran gula, cocoa butter, coklat cair, susu dan vanilla. Coklat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massa kakao nya cukup rendah hanya 20% dan rasanya lebih manis dibandingkan plain coklat. Cokelat yang satu ini pasti disukai anak-anak karena bisa langsung disantap dengan rasa yang manis dan lembut karena mengandung susu. Jika Anda hendak membikin kue, cokelat jenis ini bukanlah pilihan yang baik. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan.

    4. White Coklat
    Merupakan campuran gula, cocoa butter, susu dan vanilla. Tidak mengandung massa kakao, flavor dihasilkan dari lemak kakao. Selain dikonsumsi langsung juga digunakan untuk dekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili. Ia tak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus, ada baiknya dimasak dengan hati-hati. Untuk sekedar ngasih tau aja, kalo kamu mau memberi warna atau efek warna pada coklat, white coklat ini lah yang biasa digunakan. Tapi inget, untuk memberi warnanya pake pewarna permen ya. jangan pernah pake pewarna lain, bisa berbahaya.

    5. Dark Coklat
    Produk ini memiliki kandungan kakao 30-60%, rasanya agak sedikit pahit, tapi justru bisa memberikan taste yang berbeda dari pada milk dan white coklat. (ini coklat favorit saya, rasanya pas banget kalo buat cowok).


    6. Minuman Coklat
    Produk minuman dari coklat yang terdiri dari massa kakao dan mengandung kadar gula yang tinggi.

    7. Produk Coklat Lain
    Berbagai jenis kembang gula coklat.


    Semoga info ini bisa bermanfaat, baca  Arti Cokelat buat dapetin info yang lebih lengkap.

  2. 1 comments:

    1. sabinyjacobson mengatakan...

      The Rundown of The Rundown of The Rundown of The Rundown of The Rundown of The Rundown of The
      The Rundown of The Rundown of The Rundown of The Rundown of The Rundown of 의왕 출장안마 The Rundown of 강원도 출장샵 The Rundown of 의정부 출장마사지 The Rundown of 문경 출장샵 The Rundown of The Rundown 강원도 출장마사지 of The Rundown of The Rundown

    Posting Komentar

Foto Saya
Alin Novita Herningtyas
Saya mahasiswi jurusan HUMAS di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi INTERSTUDI Jakarta Selatan.
Lihat profil lengkapku